Tips & Trik

Begini Caranya Mengetik Mudah dengan Satu Tangan

Cahyandaru Kuncorojati    •    Kamis, 12 Oct 2017 10:40 WIB
androidgoogletips dan trik teknologi
Begini Caranya Mengetik Mudah dengan Satu Tangan
Keyboard One-Hand Mode

Metrotvnews.com, Jakarta: Ukuran layar perangkat smartphone semakin besar. Di satu sisi ukuran besar memang lebih enak dipandang mata ketika bermain game atau menonton video. Di sisi lain, ponsel menjadi suit digenggam dengan satu tangan.

Ada momen Anda hanya bisa mengetik dengan satu tangan, misalnya, ketika berada di dalam kereta Commuterline yang sesak saat menuju kantor. Biasanya salah satu tangan Anda asyik memegang smartphone, sedangkan satu tangan lainnya harus berpegangan pada pegangan tangan yang berada di atas kepala Anda supaya tidak terjatuh.

Dengan ukuran layar yang lebar dan hanya menggunakan satu tangan pasti sulit bagi jemari Anda untuk menjangkau deretan huruf yang berada di sisi ujung kiri atau kanan layar. Sebetulnya, ada cara mudah supaya Anda tetap bisa mengetik hanya dengan satu tangan yakni dengan mengakses fitur One-Hand Mode pada aplikasi Gboard.

Metrotvnews.com membuat panduan ringkas untuk mengakses fitur One-Hand Mode tapi pastikan bahwa Anda sudah mengunduh keyboard Gboard. Aplikasi buatan Google sudah ada langsung di beberapa smartphone. Jika belum Anda bisa mengunduhnya via Google Play Store.

Caranya masuk ke halaman menu Pengaturan atau 'setting' dan pilih Bahasa dan Masukan atau 'languange & input' dan pilih Gboard di dalam menu 'default keyboard'.

1. Masuk ke aplikasi untuk menampilkan Gboard
Jika Gboard sudah dipilih sebagai 'default keyboard' maka Anda bisa melihat tampilan keyboard tersebut ketika membuka aplikasi, misalnya pilih saja aplikasi WhatsApp. Ketika akan mengetikkan teks maka keyboard Gboard akan muncul, saat itu tekan keyboard yang berisi tanda koma sekaligus ikon senyum di atasnya.



2.Pilih ikon One-Hand Mode
Ketika Anda menekan tuts Gboard yang berisi tanda koma sekaligus ikon senyum dalam 1 detik akan muncul 3 ikon berwarna tosca dan yang paling kiri akan terlihat ikon seperti satu tangan menggenggam sebuah kotak persegi. Ikon tersebut adalah ikon fitur One-Hand Mode.  Sambil jari Anda masih menekan layar smartphone, geser jari Anda ke ikon tersebut.



3. Ubah ukuran dan posisi keyboard
Nanti ukuran keyboard Anda akan langsung berubah menjadi lebih kecil disertai 3 deret ikon yang tersusun vertikal di sebelahnya.

Di mulai dari yang paling atas ada ikon untuk mengembalikan ukuran keyboard sekaligus posisi keyboard ke pengaturan normal atau keluar dari mode One-Hand Mode. Ikon ditengah berupa tanda panah berfungsi mengatur posisi keyboard dalam mode One-Hand Mode, tekan untuk mengubah posisinya melekat di tepi kanan atau kiri layar.



Ikon paling bawah berfungsi untuk mengatur ukuran serta posisi keyboard dalam mode One-Hand Mode dengan lebih fleksibel. Nantinya keyboard akan tampil transparan dengan tiga ikon yang berada di tengah tersusun secara horizontal.



Di mulai dari paling kiri ada ikon untuk mengembalikan ukuran keyboard One-Hand Mode ke posisi paling besar. Ikon kedua di tengah berfungsi untuk mengatur posisi keyboard One-Hand Mode, bisa ke posisi paling kiri atau kanan dan atas atau bawah. Ikon paling kanan yang berlambang centang atau 'check' pilihan jika Anda sudah menentukan ukuran posisi dari keyboard One-Hand Mode.


(MMI)

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2
Review Smartphone

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2

2 weeks Ago

Xiaomi masuk industri smartphone selfie dengan merilis Xiaomi Redmi S2. Begini performanya. …

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.