Tips & Trik

Begini Cara Kustomisasi Halaman Tab Baru di Chrome

Lufthi Anggraeni    •    Rabu, 02 May 2018 15:10 WIB
tips dan trik teknologi
Begini Cara Kustomisasi Halaman Tab Baru di Chrome
Berikut cara mengostumisasikan tampilan halaman tab baru di Google Chrome.

Jakarta: Halaman tab baru Chrome dapat membantu Anda menemukan situs yang sering dikunjungi, meski di sebagian besar software, konfigurasi default mungkin tidak ideal untuk seluruh pengguna peramban Google ini. Google menyediakan sejumlah opsi kustomisasi dasar bagi Anda yang ingin mempersonalisasikan halaman tab baru.

Secara default, shortcut pada halaman tab baru berisi situs yang baru-baru ini dikunjungi, dan menghapus situs dari daftar dapat dilakukan semudah mengarahkan kursor ke thumbnail dan mengklik ikon X pada sudut kanan atas. Jika secara tidak sengaja menghapus situs, cukup klik opsi Undo atau Restore All.

1. Menampilkan Halaman Tab Kosong
Jika khawatir riwayat penjelajahan muncul di halaman tab baru, Anda dapat mengubah pengaturan dengan menjadikan halaman kosong saat pertama kali diakses. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan ekstensi seperti Emty New Tab Page atau Blank New Tab Page dari Chrome Web Store.

Selain itu, Anda juga dapat mengganti halaman tab baru dengan situs yang diinginkan dengan menggunakan ekstensi seperti Replace New Tab Page. Pengaturan ekstensi ini tergolong mudah, dan setelah dikonfigurasikan, setiap tab baru yang diakses akan menampilkan situs yang dipilih.



2. Sesuaikan dengan gaya Anda
Terdapat sejumlah ekstensi Chrome tambahan yang memungkinkan Anda memodifikasi peramban dan menambahkan fungsionalitas ke halaman tab baru. Sejumlah ekstensi juga memungkinkan Anda untuk mengubah tampilan halaman tersebut sesuai dengan gaya Anda.

Salah satu ekstensi bernama Momentum memungkinkan Anda untuk mengganti halaman tab baru default dengan halaman yang telah dikustomisasi, melalui wallpaper harian, informasi cuaca, pencarian, kutipan inspirasional dan daftar pekerjaan yang dapat dikaitkan dengan akun Wunderlist, Trello atau Google Tasks.

3. Tambahkan Tema
Jika Anda memilih untuk menggunakan halaman tab baru default, Anda juga dapat menambahkan tema yang memperkenalkan latar belakang dan penggayaan tambahan tanpa membutuhkan bantuan dari ekstensi.

Mencoba tema dapat dilakukan semudah menginstalnya dari Chrome Web Store. Jika tidak menyukainya, akses menu Settings di Chrome dan klik "Reset to default theme".



Selamat mencoba!


(MMI)

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2
Review Smartphone

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2

2 weeks Ago

Xiaomi masuk industri smartphone selfie dengan merilis Xiaomi Redmi S2. Begini performanya. …

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.