Tips & Trik

Cara Memindahkan Kontak Lama ke Ponsel Android Baru

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Minggu, 22 Jan 2017 16:16 WIB
tips dan trik teknologi
Cara Memindahkan Kontak Lama ke Ponsel Android Baru
Ada cara mudah untuk memindahkan data kontak ke smartphone Android baru.

Metrotvnews.com, Jakarta: Kesenangan mendapatkan smartphone baru mungkin membuat sebagian orang lupa repotnya mengatur smartphone tersebut. Salah satunya memindahkan semua kontak yang ada di ponsel lama ke ponsel baru.

Dulu, mungkin Anda harus memasukkan kontak satu per satu ke dalam ponsel baru Anda. Sekarang, tidak lagi. Seperti yang disebutkan oleh Gazelle, memindahkan kontak ke smartphone Android baru sebenarnya cukup mudah. 

Dari Android ke Android
Jika Anda punya smartphone Android dan membeli smartphone Android baru, Anda bisa memindahkan kontak ke ponsel baru dengan sangat mudah. Anda hanya memerlukan akun Google atau Gmail. Mengingat banyak fungsi Android yang mengharuskan Anda untuk log in dengan akun Gmail, kemungkinan besar, pengguna Android telah memiliki akun Gmail. Namun, jika belum buatlah akun Gmail.

Setelah itu, masuk ke Settings pada smartphone Android lama Anda, pilih "Accounts" kemudian pilih "Google". Jika Anda punya lebih dari satu akun Gmail yang aktif di ponsel, Anda akan melihat semua akun tersebut. Pilih akun tempat Anda menyimpan kontak. Akan muncul berbagai daftar item yang bisa Anda sinkronisasikan, mulai dari kontak, kalender hingga dokumen yang tersimpan di Drive. 

Pilih "Contacts" dan semua data lain yang ingin Anda pindahkan ke smartphone baru. Kemudian pilih "Sync Now". Semua data di ponsel Anda akan tersimpan di server Google. 



Nyalakan smartphone Android baru Anda. Anda akan diminta untuk memasukkan informasi akun Google. Gunakan akun Gmail yang digunakan pada smartphone lama Anda. Android baru Anda akan secara otomatis melakukan sinkronisasi data kontak dan data-data lainnya.

Dari iPhone ke Android
Memindahkan data kontak dari iOS ke Android juga tidak terlalu sulit, untungnya. Kali ini, Anda juga perlu memiliki akun Gmail. Pada iPhone, akses "Settings" kemudian "iCloud". Aktifkan kontak jika ia belum aktif. Hal ini untuk memastikan kontak Anda tersimpan di iCloud.

Setelah itu, masuk ke "Settings" kemudian "Mail, Contacts Calendars". Kemudian, pilih akun Gmail Anda di bagian "Accounts. Jika opsi Gmail tidak ada, pilih "Add Account". Setelah itu, konfirmasi bahwa "Contacts" telah aktif. Hal ini akan membuat kontak di iPhone Anda dan di akun Gmail Anda tersinkron.

Setelah itu, aktifkan smartphone Android Anda. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, aktifkan akun Google Anda di Android dan data yang tersimpan di akun itu secara otomatis akan tersinkronisasi pada ponsel baru Anda.


(MMI)

Lenovo K6 Power, Saat Baterai adalah Segalanya
Review Smartphone

Lenovo K6 Power, Saat Baterai adalah Segalanya

1 day Ago

Melihat sepak terjang Lenovo selama ini, mereka tampaknya sadar betul bahwa konsumen Indonesia …

BERITA LAINNYA
Video /