Tips & Trik

5 Patokan Memilih Kamera Ponsel

Riandanu Madi Utomo    •    Rabu, 06 Sep 2017 15:50 WIB
tips dan trik teknologismartphone
5 Patokan Memilih Kamera Ponsel
Kamera ponsel semakin diminati oleh masyarakat

Metrotvnews.com, Jakarta: Kamera ponsel belakangan memang menjadi salah satu faktor utama ketika memilih sebuah ponsel. Tren selfie yang masih kuat juga membuat produsen ponsel berlomba-lomba menghadirkan kamera ponsel dengan kualitas terbaik. Tidak sampai disitu, kini tren bahkan sudah mulai bergeser ke penggunaan dua kamera.

Namun, bagaimana Anda mengetahui kualitas kamera pada sebuah ponsel? Tentu saja Anda tidak bisa mengandalkan janji manis pada iklan yang ditawarkan produsen ponsel. Untuk lebih mudahnya, kami merangkum bebrapa poin yang harus Anda perhatikan dalam memilih kamera di ponsel. Berikut adalah poin-poin tersebut:

1. Sensor

Sebelum memilih ponsel berdasarkan merek, ada baiknya Anda memperhatikan jenis sensor kamera yang digunakan pada ponsel yang Anda incar. Sensor merupakan komponen utama untuk menangkap pantulan cahaya yang nantinya diterjemahkan dalam bentuk gambar digital.

Semakin sensitif sebuah sensor, maka kemampuan menangkap cahayanya akan semakin baik dan hasil fotonya akan semakin bagus karena ponsel bisa menterjemahkan setiap cahaya yang tertangkap.



2. Megapixel

Satuan megapixel memang sering ditampilkan di spesifikasi kamera ponsel, bahkan menjadi bahan oleh beberapa produsen ponsel sebagai patokan kualitas foto. Nyatanya, megapixel merupakan satuan resolusi yang artinya semakin besar nilainya maka Anda akan mendapatkan foto dengan resolusi yang juga semakin besar.

Masalahnya, ukuran sensor pada kamera ponsel sangat kecil sehingga sebenarnya kurang cocok jika memiliki resolusi atau megapixel besar.



Menurut Digital Photo Secrets, jika Anda hanya menggunakan foto ponsel untuk kegiatan di media sosial, maka resolusi 5MP sudah cukup untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut.

3. Flash

Flash merupakan salah satu fitur cukup penting yang sering diabaikan. Dalam kondisi gelap, flash bisa membantu Anda mendapatkan foto lebih baik. Tidak hanya itu, flash juga bisa membuat objek foto terlihat lebih jelas ketika ditempatkan dengan posisi latar belakang penuh cahaya (backlight). Memilih ponsel dengan lampu flash khusus akan membuat Anda bisa berkreasi secara lebih leluasa dan menghasilkan foto yang lebih baik.



4. Aperture

Aperture atau bukaan (rana) pada lensa merupakan faktor yang bisa menentukan kualitas foto di sebuah kamera ponsel. Semakin besar bukaan pada lensa, semakin banyak cahaya yang masuk. Hasilnya, foto akan semakin detail dan Anda juga bisa mendapatkan efek bokeh yang lebih baik. Besarnya aperture ditandai dengan tulisan seperti f/1.9 atau F1.9. Semakin kecil angkanya, semakin besar bukaan lensanya.



5. Aplikasi Kamera

Aplikasi kamera merupakan hal terakhir yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih ponsel. Ragam aplikasi baisanya tergantung pada jenis ponselnya dan beberapa bahkan menawarkan fotur khusus seperti beautificaton pada aplikasi kameranya. Namun, pastikan mode profesional atau manual ada di aplikasi kamera ponsel yang Anda incar.



Menggunakan mode profesional atau manual memungkinkan Anda untuk mengatur fokus, shutter speed, hingga ISO. Jika Anda mengerti dasar fotografi, mengatur faktor tersebut bisa membuat Anda menghasilkan foto lebih unik dan menarik.

Jika masih bingung dengan poin-poin tersebut, ada baiknya Anda mencari ulasan mengenai ponsel yang Anda incar. Ulasan ponsel biasanya disertai dengan pembahasan kualitas kamera. Salah satu situs yang paling terpercaya dalam mengulas kamera ponsel adalah DXOMark. Selain itu, Anda juga bisa memantau Metrotvnews.com untuk ulasan ponsel terkini.


(MMI)

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie
Review Smartphone

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie

2 days Ago

Vivo V7 Plus kembali mengunggulkan kemampuan kamera depan, yang diklaim mampu memanjakan penggu…

BERITA LAINNYA
Video /