Tips & Trik

Ingin Berbisnis Online? Ketahui Hal yang Perlu Disiapkan

Cahyandaru Kuncorojati    •    Jumat, 23 Feb 2018 15:33 WIB
Ingin Berbisnis Online? Ketahui Hal yang Perlu Disiapkan
Bisnis online menjadi salah satu sumber penghasilan yang populer dan bisa dilakukan dengan mudah bermodalkan internet dan smartphone atau laptop.

Jakarta: Bisnis online kini menjadi sumber penghasilkan yang cukup menjanjikan karena beroperasi 24 jam dan hanya bermodal internet. Namun, sebetulnya ada banyak hal yang perlu diperhatikan.

Verisign menyatakan bahwa dalam berbisnis online juga dibutuhkan rencana bisnis yang matang, misalnya merencanakan tahap awal sebelum memulai bisnis online

1. Pilih nama domain
Nama domain tidak berbeda dengan nama toko. Anda harus memilih nama yang tepat, baik sebagai alamat situs atau sebagai alamat yang mengarah ke layanan e-commerce yang digunakan.

2. Tentukan metode pembayaran yang digunakan
Anda juga harus mengetahui metode pembayaran yang digunakan layanan e-commerce kepada Anda sebagai pemilik bisnis online. Beberapa layanan e-commerce sudah menyediakan metode pembayaran built-in yang bisa dimanfaatkan pebisnis online.

Apabila Anda memilih untuk membuat situs bisnis online sendiri pastikan untuk menghubungi pihak bank yang gunakan sebagai layanan pembayaran atau payment gateway.

Hal tersebut cukup penting karena akan menunjang keamanan dan kemudahan transaksi calon pembeli Anda. Jadi tidak ada salahnya memanfaatkan kerja sama dengan pihak bank.

3. Pilih solusi e-commerce yang tepat
Ketahui jenis bentuk bisnis online yang Anda jalankan, apakah Anda menginginkan adanya layanan toko di situs web Anda sendiri atau Anda menginginkan layanan toko di dalam layanan e-commerce yang sudah ada?

Apakah Anda hanya menjual satu produk atau membutuhkan keranjang belanja yang lebih
kompleks? Ada 3 jenis bentuk bisnis online yang bisa Anda pilih uuntuk dijalankan, pertama adalah yang sederhana.

Jenis sederhana apabila Anda hanya menjual satu jenis produk dan hanya membutuhkan satu buah jalur pembayaran yang mudah, misalnya memanfaatkan fitur tombol "Buy Now" dari Paypal.

Jenis kedua adalah hosted. Bagi Anda yang memerlukan lebih dari satu tombol pembayaran tapi tidak punya waktu, uang, atau bandwidth untuk memasang aplikasi e-commerce. Anda bisa memanfaatkan layanan hosting atau pendukung platform e-commerce dan yang lebih mudah lagi dengan menggunakan layanan yang sudah ada.

Jenis ketiga adalah lakukan sendiri. Apabila Anda mampu menciptakan dan mengoperasikan bisnis online sendiri dengan memiliki web sendiri, maka Anda bisa memanfaatkan beberapa software penyedia dukungan platform e-commerce.

Jangan lupa untuk memastikan situs Anda mendapatkan sertifikasi SSL (Securte Socket Layer) untuk memberikan keamanan berupa enkripsi halaman situs toko online Anda yang berisi informasi pribadi.

4. Tulis deskripsi produk dengan detil dan gunakan foto beresolusi tinggi
Bisnis online tidak memungkinkan calon pembeli melihat langsung produk yang ditawarkan. Oleh sebab itu, selalu gunakan foto produk beresolusi tinggi dan jangan lupa menuliskan deskripsi lengkap dari produk yang Anda jual. 
(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.